Comprehensive Assessment Center (Potency & Competency-based) CERTIFICATE OF COMPETENCE

Comprehensive Assessment Center (Potency & Competency-based) CERTIFICATE OF COMPETENCE   

Tanggal
22-24 Oktober 2014

Pukul
09.00-17.00 WIB

Tempat
Menara Kadin Lt 24
Jakarta

Fasilitor
Dra. Winny Windrawati, MpsiT
Memiliki pengalaman panjang sebagai eksekutif di bidang manajemen SDM, termasuk di UNDP.  Selain sebagai konsultan dan trainer, Winny juga banyak melakukan asesmen bagi posisi pimpinan di berbagai perusahaan swasta dan BUMN.

Drs. Nandar Luwias, Mpsi
Memiliki pengalaman panjang sebagai eksekutif di bidang manajemen SDM, termasuk di Pudjiadi Prestige Tbk. dan Indofood Group.  Selain sebagai konsultan dan trainer, Luis juga banyak melakukan asesmen bagi posisi pimpinan di berbagai perusahaan swasta dan BUMN serta instansi pemerintah.

Investasi
Rp.5.500.000,-
Diskon 10% untuk perusahaan yang mengirimkan 3 peserta.
Note: Biaya ini belum termasuk biaya akomodasi berupa kamar hotel.

Assessment Portfolio
A.Competency Assessment
B.Assessment Center

A.Competency Assessment
Competency Assessment adalah program asesmen yang dikemas secara efisien namun komprehensif dan umumnya dilaksanakan terhadap calon karyawan atau karyawan pada level operatif (pelaksana). Competency Assessment biasanya digunakan untuk seleksi penerimaan karyawan baru, pengangkatan karyawan honorer menjadi karyawan tetap, ataupun untuk dipersiapkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Lingkup Aktifitas :
1. Seleksi Administrasi
Tahap ini dilakukan apabila tujuan program ini adalah seleksi penerimaan karyawan baru.
Seleksi administrasi merupakan seleksi awal yang dimaksudkan untuk memilih peserta yang memenuhi persyaratan administrasi dan berhak untuk mengikuti seleksi berikutnya.
(Pelaksanaan seleksi administrasi dilakukan bersama oleh konsultan dan pihak perusahaan)

2. Potential Inventory dan Group Discussion
Potential Inventory ditujukan untuk mengetahui potensi yang dimiliki seseorang yang meliputi tingkat kecerdasan, tipologi kepribadian, sikap & pola kerja, serta motivasi, baik yang bersifat mendukung maupun yang tidak mendukung tampilnya kompetensi tertentu dari yang bersangkutan.
Group Discussion ditujukan untuk melakukan verifikasi terhadap hasil Potential Inventory yang telah dijalani sebelumnya serta menggali lebih dalam lagi mengenai aspek-aspek potensial dari seseorang.
Group Discussion hanya bisa dilakukan bila jumlah peserta minimal 4 orang.

READ  Stress Management Strategies (BANDUNG)

3. Wawancara
Wawancara dilakukan dengan menggunakan metode Behavior Event Interview (BEI). Wawancara ditujukan untuk menggali kompetensi yang merupakan critical success factors(faktor penentu keberhasilan) dari suatu tugas pekerjaan tertentu. Secara umum untuk pelaksanaan data intake(pengumpulan data) Potential Inventory, Group Discussion dan Wawancara adalah 1 hari untuk jumlah peserta sampai dengan 10 orang, 2 hari untuk jumlah peserta 11 sampai dengan 30 orang, 3 hari untuk peserta lebih dari 30 sampai dengan 50 orang.

B. Assessment Center
Comprehensive Assessment Centers adalah suatu program asesmen yang bersifat ’thorough’ (menyeluruh) dengan menggunakan beragam metode dan teknik evaluasi serta dilaksanakan oleh beberapa asesor. Comprehensive Assessment Centers biasanya digunakan untuk ‘memotret’ kemampuan karyawan level manajerial untuk keperluan penempatan, promosi, ataupun untuk keperluan pengembangan karyawan.

Lingkup Aktifitas :
1.Potency & Competency Profile Analysis

  • Sebagian perusahaan telah memiliki profil potensi dan kompetensi yang dipersyaratkan bagi setiap position jabatan (dikenal juga dengan istilah Job Requirementatau Job Specification), namun sebagian lainnya belum memiliki profil ini, atau bila ada tidak sesuai dengan kondisi tugas jabatan saat ini (sudah kadaluwarsa).
  • Apabila perusahaan belum memilikinya maka mutlak dilakukan Potency & Competency Profile Analysis. Proses analisa ini merupakan kegiatan bersama antara konsultan dengan pihak perusahaan, sehingga potensi dan kompetensi dapat disepakati bersama.

2. Menetapkan dan menyusun metode/teknik pengukuran

  • Setelah mendapatkan Potency & Competency Profile, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan dan menyusun metode, teknik atau alat ukur sesuai dengan potensi dan kompetensi yang akan diukur.
  • Proses pemilihan alat ukur dapat ditempuh melalui beberapa cara, yaitu menggunakan alat ukur yang siap pakai dan melakukan modifikasi terhadap alat ukur yang ada. Modifikasi terutama dilakukan pada kasus-kasus yang akan digunakan sebagai bahan diskusi kelompok dan bahan untuk tugas mandiri, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pihak perusahaan (tailor-made).
READ  Kursus Intensif Hukum Minyak dan Gas Bumi

Metode Yang DigunakanSecara umum ada 4 macam kelompok metode yang digunakan dalam kegiatan Assessment Centers yakni :

  1. Inventory Method
  2. Simulation Method
  3. Assignment Method
  4. Interview Method

3. Data Intake
Setelah seluruh metode dan alat dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah data intake(pengumpulan data).Dibutuhkan waktu 2-3 hari untuk pelaksanaan data intake, bergantung pada banyaknya metode dan alat yang diterapkan dan/atau level peserta yang mengikuti Assessment Centers.Jumlah PesertaJumlah peserta Assessment Centers minimal 4 orang maksimal 20 orang untuk setiap batch.Untuk setiap 4 orang peserta akan difasilitasi oleh 2 orang assessor.

Pendaftaran Online | INFO-SEMINAR.COM
  1. Judul Training di atas bisa dijadikan sebagai topik INHOUSE TRAINING. Jika Anda membutuhkan bantuan free konsultasi bisa hubungi 0851 0197 2488 / 08998121246
  2. (required)
  3. (valid email required)
  4. (required)
  5. (required)
  6. (required)
  7. (required)
  8. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days